SEMANGAT INDONESIA! RAIH MEDALI EMAS DI OLIMPIADE RIO DE JANEIRO, HARUMKAN NAMA BANGSA! Follow Instagram: pimbiecom, Twitter: @pimbiecom, Line@: @pimbiecom Gunung Everest Bukan Puncak Tertinggi di Dunia? | PENTINGNYA BERBAGI

1

Pentingnyaberbagi - Masihkah ingatkah anda mengenai gunung tertinggi di dunia? Gunung Everest tercatat sebagai salah satu gunung tertinggi yang pernah ada di dunia.

Namun, hal tersebut dibantah oleh para ilmuan. Seperti dikutip dari Independent.co.uk, Rabu (18/5/2016). Ilmuan dari Institut Recherche pour le Developpement di Prancis, Ia menyebutkan bahwa gunung tertinggi bukanlah gunung Everest. Lalu? Apakah gunung tertinggi di dunia itu?

Setelah melakukan penelitian selama beberapa tahun, ia pun menyebutkan bahwa gunung tertinggi adalah gunung Chimborazo yang terletak di Ekuador. Gunung tersebut memiliki ketinggian 6,25KM diatas permukaan laut namun banyak orang menyebutkan Everest lebih tinggi karena memiliki 8.85km. Tapi, jika dikupas secara tuntas dampak dari tidak ratanya bentuk bumi lah yang mengakibatkan Chimborazo terlihat pendek.

Alasannya adalah karena jika di kalkulasikan ketinggian dari batas air laut dan inti bumi gunung Chimborazo menjulang sampai 6384,268 km, sementara Everest hanya 6381.049 km.

Bahkan, dalam pengukuran lainnya, puncak gunung Himalaya itu tidak masuk dalam urutan gunung tertinggi, terutama jika diukur dari pusat Bumi.

Ketenaran Everest tidak hanya berasal dari fakta yang menyebutkan gunung tersebut merupakan yang tertinggi, tapi juga dari tingkat kesulitan pendakiannya.

Meski menjadi gunung yang tertinggi di Ekuador, jika pendakian dilakukan ke gunung tersebut para pendaki hanya membutuhkan waktu dua minggu (14 hari) sedangkan untuk mencapai puncak gunung Everest memerlukan waktu kurang lebih dua bulan.

Post a Comment

 
Top